Hal Penting Untuk Fresh Graduate

Konten [Tampil]
Apakah kamu seorang Fresh Graduate?

Beberapa point penting yang harus kamu ingat.

Buat teman teman yang sudah lulus sarjana pasti sangat senang sekali ketika sudah lulus menghadapi kehidupan dikampus. Namun jangan senang dulu, ada realiata kehidupan yang kamu harus hadapi yang bisa dibilang cukup "complicated" dan beberapa hal hal teknis yang kamu harus kuasai. mengingat kita memasuki di Era industri 4.0 yang penuh dengan persangian.

Yuk simak artikel ini yang harus kamu ingat :

Hal Penting Untuk Fresh Graduate, Fresh Graduate,

1. Kenali diri sendiri

Sebelum kamu apply disuatu perusahaan, alangkah baiknya kamu mengenali diri sendiri dengan passion kamu. untuk mengenali diri sendiri kamu bisa melalui test kepribadian dengan menggunakan DISC (Test Kepribadian) yang bisa mengenal potensi dan passion kamu dengan test ini. dan sekarang sudah banyak DISC online yang bisa kamu manfaatkan untuk mengenal siapa diri kamu sebenarnya, pekerjaan dan passion apa yang cocok untuk kamu.

2. Asah Skill

Tidak ada salahnya waktu luangmu bisa kamu manfaatkan untuk hal hal yang positif seperti mengasah skill yang kamu punya dan mempelajari hal hal yang baru. karena pada dasarnya seorang fresh graduate harus bisa "multitasking" untuk menjadi nilai jual dan menjadi nilai + ketika kamu mendapatkan undangan interview.

3. Remake CV

CV adalah point penting ketika kamu ingin melamar pekerjaan. Dalam proses mencari kerja, jangan lupa untuk selalu update CV kamu. cantumkan pengalaman (jika ada), keahlian yang kamu punya, training, seminar yang pernah kamu ikuti dan jangan lupa selalu cantumkan referensi profesional yang mengenal kamu dengan baik.

4. Bijaklah dalam bermedia sosial

Media sosial bagaian yang menjadi point penting dalam proses pencarian kerja dan mengembangkan karir anda. Dalam proses recruitment terkadang HR Recruitment melihat aktifitas media sosial anda melalui media sosial dan menjadi salah satu penilaian dalam proses seleksi meskipun bukan menjadi penilaian utama. Dan jangan lupa selalu update profil Linkedin kamu untuk membangun jaringan dengan para profesional dan bijak dalam menggunakan media sosial

5. Tingkatkan kemampuan beradaptasi

Mungkin kamu sudah faham, bahwa kemampuan beradaptasi adalah syarat utama untuk bisa bertahan dimanapun. Jangan pernah menutup diri dengan siapapun. Karena orang yang mudah beradaptasi lebih banyak yang dicari oleh perusahaan dan lebih mudah untuk belajar hal hal yang baru

6. Mencari pengalaman atau mencari pekerjaan?

Beberapa fresh graduate mungkin masih bingung apa yang akan dicari karir pertama kalinya. Untuk seorang fresh graduate carilah pengalaman sebanyak mungkin, karena pengalaman adalah “mutiara berharga” yang kamu dapatkan. Jangan pernah melihat besar kecil sallary yang kamu dapatkan, intinya kamu harus bersyukur atas apa yang kamu dapatkan saat ini dan selama itu cukup untuk kehidupanmu selama sebulan, ya kamu ambil saja karena dengan pengalamanlah yang akan menentukan karir kamu selanjutnya.

7. Keluar dari Zona nyaman

“Life begins at the end of your comfort zone” Apa kamu cukup familiar dengan kutipan tersebut? Ada banyak sekali bahasan tentang zona nyaman, tapi hampir semua sepakat bahwa zona nyaman tidak akan membuat kita bergerak maju. Pekerjaan apapun itu, tentu memiliki tantangannya sendiri. Sebisa mungkin hindari mengeluh. Satu lagi, “Think out of the box”. Saat kehidupan pasca kampus membawamu ke dunia baru yang berbeda dari latar belakang akademikmu, hadapi saja. Tidak usah membatasi diri. intinya asalkan kamu mau belajar, kamu pasti bisa. Yang terpenting bisa berkontribusi dengan kemampuan terbaik yang kamu punya.

8. Melatih kemampuan bersyukur

Point yang terakhir adalah kemampuan bersyukur. Tidak dipungkiri, nominal gaji menjadi perhitungan ketika akan menjalani pekerjaan tertentu. Setidaknya, kamu sudah perkirakan biaya hidup di kota tempatmu bekerja. Saat mendapat informasi bahwa benefit di tempat lain (dengan porsi dan beban kerja yang sama ternyata lebih menarik), coba pikirkan matang-matang sebelum memutuskan untuk resign. Karena kemampuan bersyukur atas apa yang kamu dapatkan itu akan membuatmu lebih tenang, padahal ketenangan itulah modal penting untuk bisa berpikir jernih sebelum menentukan langkah-langkah berikutnya.

Tetap semangat ya untuk para fresh graduate :)


reference : Muhamad Ikbal (linkedin)

Share this

Previous
Next Post »

1 comment