Struktur Batuan Sediment Primer

Konten [Tampil]
Struktur Batuan Sediment Primer adalah struktur yang terbentuk pada saat pembentukan batuan (pada saat sedimentasi).

a.Perlapisan bersusun (graded bedding)

Susunan perlapisan dari butir yang kasar berangsur menjadi halus pada satu satuan perlapisan atau sebaliknya.Struktur ini dapat dipakai sebagai penunjuk bagian bawah dan bagian atas dari perlapisan tersebut.Umumnya bagian yang kasar merupakan bagian bawah (bottom) dan yang halus bagian atas





b.Perlapisan silang siur (cross bedding & cross lamination)

Cross lamination : Secara umum digunakan untuk lapisan miring dengan ketebalan kurang dari 5 cm, dengan faraset ketebalannya kurang dari 5 cm, merupakan struktur sedimentasi tunggal yang terdiri dari urut-urutan sistematik, perlapisan dalam disebut faraset bedding yang miring terhadap permukaan umum sedimentasi. Terbentuk karena perpindahan riple atau gelombang-gelombang pori yang masing-masing urut berukuran kurang dari 5 cm.



Cross bedding : Silang siur atau cross bedding memiliki ketebalan lebih dari 5 cm.



c. Gelembur gelombang (riple mark)

Merupakan struktur primer perlapisan sedimen yang menunjukan adanya permukaan seperti ombak atau begelombang yang disebabkan adanya pengikiran oleh kerja air, dan angin. Pada awalnya lapisan batuan sedimen tersebut datar dan horizontal karena adanya pengaruh kerja air dan angin menyebabkan bagian-bagian lemah terbawa air atau angin sehingg menyisahkan cekungan-cekungan yang membentuk seperti gelombang.



d.Flute cast

Struktur sedimen berbentuk suling terdapat pada dasar suatu lapisan yang dapat dipakai untuk menentukan arah arus purba.





Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion