Fakta Singkat Khalifah Harun ar-Rasyid

The Author 3/27/2019
Konten [Tampil]
Banyak buku dan informasi yang menyatakan bahwa pada masa pemerintahan Khalifah Harun ar-Rasyid, masa keemasan islam yang sesungguhnya dimulai.
https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/18/07/20/pc66oi313-mengenal-sosok-harun-arrasyid

Nama lengkap sang Khalifah adalah Harun al-Rasyid bin Muhammad al-Mahdi. Lahir tahun 17 Maret 763 M dan wafat tanggal 24 maret 809 M di Thus, Khurasan. Mulai memerintah pada masa yang cukup muda yaitu 23 tahun. Harun al-Rasyid merupakan Khalifah ke-5 dari Dinasti Abbasiyah yang merupakan anak dari Khalifah ke-3 (Muhammad al-Mahdi) dan adik dari Khalifah ke 4 (Musa al-Mahdi)

Pada masa pemerintahan sang Khalifah, Islam mencapai jaman keemasan. Kejayaan islam pada masanya tidak hanya di bidang budaya dan ilmu pengetahuan tetapi juga politik.

Berikut beberapap fakta tentang sang Khalifah ke-5 Dinasti Abbasiyah Harun ar-Rasyid

  • Merupakan Khalifah Dinasti Abbasiyah ke 5

Masa pemerintahan Khalifah Harun ar-Rasyid gadang - gadang sebagai masa dimulainya masa ke emasan islam dan keemasan islam semakin dimantapkan pada masa pemerintahan Al-makmun (Khalifah ke 7)
  • Ibu beliau adalah seorang Mantan Budak asal Yaman

Ayah beliau tidak lain adalah Muhammad al-Mahdi yang merupakan Khalifah ke 3 Dinasti Abbasiyah, sedangkan Ibu beliau Jurasyiyah memiliki julukan Khayzuran Yamani, seorang Budak asal Yaman. Meskipun sang ibunda berasal dari kaum budak, tetapi di dalam Dinasti Abbasiyah eksistensinya sangat luar biasa. Sang ibunda memiliki pengaruh politik yang sangat luas pada masa pemerintahan sang khalifah ke 3. Diangkatnya Harun ar-Rasyid sebagai khalifah tanpa adanya bentrokan merupakan campur tangan dari sang Ibunda.

  • Lebih hebat daripada Karel Agung

Karel Agung merupakan penguasa Eropa. Kekuasaanya meliputi seluruh eropa modern saat ini Prancis, Jerman, Belgi, Belanda, Denmark, Austria, Italia dan Andalusia. Dia merupakan "raksasa "yang amat ditakuti. Namun, kekuasaan sang Khalifahmasih berada setingkat di atas Karel Agung. Hal ini terbukti dari keberhasilnnya melakukan kudeta diplomatik terhadap Imperium Romawi. Akibatnya Karel Agung menjadi bawahan sang Khalifah

  • Sang Khalifah adalah orang yang taat dalam beribadah

Menurut sumber sumber yang ada, Harun ar-Rasyid adalah orang yang taat dalam beribadah. Dalam seharinya ia sholat sunnah mencapai 100 rakaat, menunaikan haji 2 tahun sekali, selalu sedekah setiap hari sebanyak 1000 dirham, dll. 

  • Wafat pada 24 Maret 809 M

Sang Khalifah Wafatpada usia 46 Tahun ketika melakukan perjalanan di bagian timur wilayah kekuasaannya
______________________________

Demikianlah fakta singkat Khalifah Harun ar-Rasyid khalifah yang memulai THE GOLDEN AGE OF ISLAM. Jika kalian merasa tertarik dengan sejarah singkat diatas kunjungi sponsor kami dibagian atas dan bawah.

Kami berharap dapat memberikan manfaat yang sebesar - besarnya dengan Self Development Blog ini. Karena Vanalive for your best life !



Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion