Pembahasan Tugas Minggu Empat (Permodelan Simulasi Reservoir)

Konten [Tampil]




Pembahasan tanya-jawab pada pertemuan ini adalah

Dalam PPT tertulis OOIP, Bisakah Decline curve menentukan OOIP. 
sebenarnya tidak, maksudnya disini adalah decline curve yang dapat menentukan nilai dari EUR          berdasarkan waktu limitnya.

Dari PPT tertulis dipertimbangan ada yang kurang, 
yaitu  : - Keekonomian
              - Jarak antar sumur
              - Pola dari sumur
pada infill drilling bisa dilakukan berdasarkan bubble map, dengan melihat daerah yang belum terkuras.

Kenapa jumlah sumur dipertimbangkan?
sebelumnya yang dipertimbangkan disini adalah jumlah sumur produksinya. jika sumur produksi sudah terlalu banyak menyebabkan daerah pengurasan menjadi tidak optimal apabila inigin melakukan infill drilling

pada workover acidizing dan HF mana lebih baik ?
sebelumnya pada umumnya cidizing dilakukan pada batuan carbonat dan HF pada batuan pasir. acidizing lebih kepada memperbaiki kerusakan disekitar lubang hingga K dan Q kembali seperti semula sedangkan HF bisa meningkatkan Q dan K. Karena pada HF setelah dilakukan perekahan langsung diganjal dengan propane sedangkan pada Acidizing tidak hingga bisa menyebabkan rekahan yang dibuat menutup kembali. Matrix Acid untuk pertama kali melakukan acid untuk membersihkan daerah sekitar lubang. Acid frac untuk perekahan . Acid washing untuk peralatan bawah permukaan yang ada scalenya seperti pada tubing dll.

Kenapa pressure maintenance ?
pressure maintenance dimaksudkan disini untuk menjaga tekanan agar tidak turun tiba tiba. Pressure maintenance ini dilakukan pada saat tekanan masih diatas Pb kalau bisa agar tekanan yang dijaga tetap dalam keadaan tinggi, karena pressure maintenance ini tidak bisa menaikan tekanan melainkan manjaga tekanan. 

Water flooding atau Infill drilling ?
water flooding lebih kepada secondary dan improve. sehingga jika Sor sudah kecil sebaiknya dilakukan water flooding sedangkan jika masih besar lebih bagus untuk indill driliing

Contoh workover ?
- Kerja ulang pindah lapisan : yaitu pada sumur tetap namun lapisan yang ditembusnya beda
- re-Komplesi :
- secondary cementing

secara signifikan perbedaan workover dan well service
workover lebih ke formasi sedangkan well service lebih ke peralatannya/


Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion